16 Juli 2009

Operasi Caesar Bikin Sakit Tiap Bercinta?

Rasa sakit saat berhubungan sex pada seorang wanita disebut juga dengan istilah dispareuni. Dispareuni ini dapat disebabkan oleh berbagai masalah, mulai dari masalah yang ringan seperti infeksi saluran kemih (kencing) sampai masalah yang harus di waspadai seperti kista di kandung telur, massa/tumor (mioma, polip) di dalam rahim, infeksi alat-alat kandungan, tumor/infeksi di mulut rahim ataupun infeksi atau massa di vagina.
Adakah keluhan lain yang dirasakan istri Anda, seperti nyeri hebat pada saat haid, keluarnya keputihan, atau adakah gangguan siklus menstruasi seperti jumlah yang berlebihan, keluar darah haid di luar siklus haid. Operasi Caesar yang sudah mengalami penyembuhan tanpa disertai infeksi biasanya sembuh dalam beberapa bulan dan tidak meninggalkan gejala sisa. Apalagi operasi yang dilakukan 2 tahun yang lalu, seharusnya tidak menimbulkan gejala sisa seperti yang istri Anda alami saat ini. Apalagi dengan pengeluaran janin
lewat operasi relatif tidak melibatkan vagina, sehingga tidak berpengaruh terhadap hubungan seksual.
Namun keluhan yang terjadi terus menerus tidak dapat dianggap enteng, perlu Anda cari tahu penyebabnya. Karena beberapa dari penyebab dispareuni ini bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Paling tidak gangguan ini sudah mengganggu keharmonisan Anda dan pasangan. Untuk itu Anda dan pasangan dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan, untuk mencari tahu apakah ada kelainan yang menyebabkan istri Anda merasa nyeri setiap kali berhubungan dengan Anda, baik itu kelainan yang disebabkan oleh bekas operasi atau adakah kelainan lain yang tidak berhubungan dengan operasi tersebut.

0 komentar: